Kenapa gak bisa join domain di Ubuntu??

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini kita akan membahas tentang join domain di Ubuntu. Saya ngepost kaya gini,karna pengalaman pribadi saat saya ingin join dengan server,tapi gak bisa... udah cari-cari di si Mbah tapi gak ketamu-ketemu juga solusi nyaaaa. Sampai akhirnya saya mendapatkan cahaya ilahi dan akhirnya bisa join. Takutnya ada yang sama kaya saya makanya saya post ini,InsyaAllah bisa membantu.

Sebelumnyaa ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Pastikan Ip yang kamu kasih di Ubuntu itu Ip yang sudah kamu daftarin di Server.
2. Pastikan Ip DNS di Ubuntu itu rujuk ke Ip Server.
3. Pastikan Hostname nyaa juga ganti kaya yang udah di daftarin server.






Nah disini saya runtutin masalahnya dulu yaa kenapa jadi gak bisa ngeping dsb.

1. coba ping ke ip server,apakah dia reply atau Destination host unreachable.
- Kalau disini saya reply.
*kalau kalian gak reply coba check lagi ip di Server,kemungkinan ada kesalahan di ip address.

2. coba ping ke domain nyaaa. Kalau dia tulisannya ping: unknown host www.khopifxxx.net
itu berarti ada beberapa kemungkinan. Contohnyaaa belum join domain.


3. Sekarang kita coba join ke domain nyaaaa. Ini command nyaaa.
domain-cli join --disable ssh (domain) Administrator@(domain)


4. Nah disini nih masalahnyaaa pas kita lagi mau join dia tulisannya malah
Eror: DNS_EROR_BAD_PACKET 

A bad packet was received from a DNS server. Potentially the requested address does not exist.

saya pas kaya gini langsung panik tuh,langsung check di mbah google tapi gak ada solusinyaa sekalinya ada itu cuma pertanyaannya aja belum ada yang jawab :v


5. Sekarang coba check domain nyaa dengan cara
hostname --domain
- Anehnyaa disini dia udah join tapi sebelumnyaa malah bad gituuu harusnyaa kan sukses yaaa. Karna saya pikir udah bisa yaudah saya ping lagi domainnyaa eh masih gak bisaaa.. Udah bener2 pusing sampai akhirnyaa saya mendapatkan cahaya illahi.


6. Yang pertama kita masuk ke sudo su
terus ketik nano /etc/resolv.conf


7. terus ip yang di nameserver nyaa ganti ke ip Server.



8. Setelah itu coba ping kembali domainnyaa. Dan InsyaAllah sudah Reply. Dan sudah bisa diakses.


9. Bisa diakses kaaan?? Namun sebelum itu pastikan kamu sebelum mencoba membaca doa agar dilancarkan ^^



                       Sekian yang dapat saya share.. Sampai ketemu di post selanjutnya:)

0 Comments