Konfigurasi Cisco LAB 1 - LAB 5

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan share tentang 'Konfigurasi Cisco' disini saya akan share dari LAB 1 - 5,nah kalo pengen liat jelasnya kamu bisa lihat disini.

Sebelum itu kamu harus punya installan Cisco Packet Tracer dulu,kalo kamu belum punya kamu bisa Download disini

LAB 1 (Connect Router/Switch to Computer)
Untuk kalian para pemula seperti saya pasti bingung kan cara konek router ke komputer? bingung mau pake kabel apa?kabel yang putus-putus atau yang straight? Jadi untuk menghubungkan Switch itu kita menggunakan kabel Console (untuk yang CPT) kalo yang Real Device itu kalo kamu mau konek ke Laptop kamu harus di colokin ke USB to Serial lalu baru disambungkan ke Console.



Untuk di Switch portnya disini port Console,dan untuk di PC nya di RS 232.


LAB 2 dan 3(Informasi Hardware dan Versi IOS)

Untuk melihat Informasi Hardware dan Versi IOS kamu ketikkan syntax "show version" atau kalau mau lebih singkat itu "sh ver" di Privileged. Nanti disitu akan ketahuan informasi hardware,dimulai dari typenya,memori,time up nya,dan disitu juga akan terlihat versi IOS dan juga nilai registernya.




LAB 4 (Hierarki Mode )
Yang pertama itu User EXEC Mode yang ditandai dengan tanda '>' untuk masuk ke EXEC Mode ini kamu hanya tinggal klik Enter tidak harus mengetik syntax apapun.

 Yang ke-2 itu adalah Privileged Mode. Untuk masuk ke Privileged kamu harus mengetikkan syntax "Enable" atau lebih singkatnya "En". Privileged mode ini digunakan untuk show,ping,copy config,dll.

Yang terakhir itu Global Configuration untuk semua konfigurasi semua interface yang ada didalam switch dan router. Untuk masuk ke Global sendiri harus mengetikkan synytax "Configure Terminal" atau lebih singkat "Conf t"




 LAB 5 (Show)
Untuk melihat konfigurasi atau melihat apapun kita cukup mengetikkan syntax "show" didepannya. Kalau kamu lupa syntax lengkapnya kamu cukup tambahkan tanda tanya (?) dibelakangnya



Untuk LAB 6-10 akan di post nanti,tunggu yaaa. Sekian dan semoga bermanfaat^^
Jaringan Dasar

0 Comments